Jenis Jeruk: Jeruk Kumkuat

January 16, 2019
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Jeruk kumkuat merupakan jenis jeruk dengan ciri-ciri yang mirip dengan jenis jeruk lainnya, tetapi dengan ukuran buah yang jauh lebih kecil. Jenis jeruk ini bukan tidak mungkin sudah ada di Indonesia, setidak-tidaknya sebagai jenis introduksi. Buah jeruk kumkuat dapat ditemukan di pasar-pasar swalayan. Karena penampilan buahnya yang mirip dengan buah jenis jeruk lainnya, buah jenis jeruk ini mudah dikelirukan dengan buah jenis jeruk lain. Karena karakteristiknya yang mirip dengan karakteristik jeruk dan dalam sejarahnya telah sejak awal diklasifikasikan ke dalam genus Citrus maka jenis jeruk yang oleh Swingle dipisahkan ke dalam genus Fortunella ini oleh Mabberley kini dikembalikan ke dalam genus Citrus.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk kumkuat digunakan untuk merujuk kepada jenis-jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris disebut kumquats atau cumquats.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk kumkuat adalah Citrus japonica Thunb. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009).

Nama Ilmiah Sinonim
Citrus japonica Thunb. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009) digunakan sebagai nama spesies berlaku untuk sejumlah jenis jeruk kumkuat yang sebelumnya dikenal dengan nama ilmiah Fortunella crassifolia, Fortunella hindsii, Fortunella japonica, Fortunella margarita, Fortunella obovata, dan Fortunella polyandra. Nama sinonim lainnya dapat diperoleh dari The Plant List.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas berikut ini didasarkan pada deskripsi Kumquats (Common) pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan tahun ketiga bergari; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan atau lurus. Tangkai daun tidak berambut halus, ukuran pendek atau sedang, sayap tangkai daun tidak ada atau bila ada, sempit, menyentuh helai daun. Helai daun tunggal, tepi helai daun rata, bergigi menyegitiga atau menyegitiga tumpul, helai daun dalam naungan datar atau agak atau sangat menekuk, helai daun terpapar matahari agak atau sangat menekuk. Helai daun diremas berbau bumbu, segar menyerupai bau jeruk sitrun (?), mengarah ke melodrous, atau tidak berbau. Buah berbentuk bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna permukaan buah warna-warni, kuning kehijauan (6), kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), atau oranye mekerahan; tekstur permukaan buah halus (1-3), sedikit kasar (4-5), atau agak kasar (6-7); buah kenyal, ujung buah tidak berpusar, warna daging buah oranye atau kuning, rasa dagging buah manis berkecap masam atau masam.

Deskripsi umum dapat diperoleh dari Fruits of Warm Climate,

Kultivar dan Silangan
Citrus ID memberikan uraian mengenai kultivar kumkuat Hong Kong (Fortunerlla hindsii (Champ.) Swingle), Marumi (Fortunella japonica (Thunb.) Swingle), Meiwa (Fortunella crassiifolia Swingle), dan Nagami (Fortunella margarita (Lour.) Swingle). Uraian mengenai kultivar jeruk kumkuat yang sama juga diberikan oleh CVC-UCR, sedangkan Citrus Page menambahkan kultivar jeruk kumkuat Malayan (Fortunella polyandra (Ridl.) Tanaka).

Citrus ID mengelompokkan kultivar dan silangan jeruk kumkuat sebagai berikut:

  • Kultivar-kultivar berukuran buah kecil (panjang <1,5 cm): kultivar procimequat dan kultivar calamondin tertentu
  • Kultivar-kultivar berukuran buah sedang (panjang 1,5-3,5 cm): Calamondin, Crassifolia, Meiwa, dan Nagami (antara lain)
  • Kultivar-kultivar berukuran buah besar (panjang >3,5 cm): kultivar-kultivar sitrangekuat, mandarinkuat, and orangekuat (lihat di bawah).

Kultivar silangan jeruk kumkuat antara lain adalah:

  • Kalamondin (calamondin): silangan jeruk cina dengan kumkuat (diduga antara Citrus sunki Tanaka (Citrus reticulata var. austera Swingle) dengan kultivar jeruk kumkuat 'Oval' or 'Nagami' Citrus japonica Thunb.), contoh Calamondin dan Variegated Calamondin
  • Sitrangekuat (citrangequat): Citrus × georgiana Mabb. 'Citrangequat', silangan kumkuat dengan citrange (Citrus japonica Thunb. × [(Citrus × sinensis (L.) Osbeck) × Citrus trifoliata L.)] ), contoh Citrangequat 19-15-7, Sinton Citrangequat, dan Thomasville Citrangequat
  • Lemonkuat (lemonquat): silangan antara jeruk sitrun dengan jeruk kumkuat, contoh Rio Grande Valley Lemonquat
  • Limekuat (limequat): Citrus × floridana (J. Ingram & H. Moore) Mabb. 'Limequat', silangan Key lime dengan kumkuat, contoh Eustis Limequat, Lakeland LimequatTavares Limequate, dan Warren Limequat
  • Mandarinkuat (mandarinquat): Citrus × japonica Thunb. 'Mandarinquat', silangan antara kumkuat dengan jeruk cina satsuma (Citrus japonica Thunb. × Citrus reticulata Blanco), contoh Indio Mandarinquat dan Nippon Mandarinquat
  • Prosimekuat (procimequat): Citrofortunella floridana, silangan kultivar limekuat Eustis Limequat dengan kumkuat
  • Sunkuat (sunquat): Citrus limon × Citrus japonica, silangan jeruk sitrun dengan kumkuat
  • Yuzukuat (yuzuquat): silangan antara jeruk sitrus 'Yuzu' dengan kumkuat 'Nagami', jeruk sitrus 'Yuzu' merupakan silangan antara jeruk papeda Ichang Citrus cavaleriei H. Lév. dengan kultivar jeruk cina Citrus reticulata Blanco kultivar dengan buah berasa masam yang dikenal dengan nama sinonim Citrus sunki Hort. ex Tanaka.
Kesesuaian Tumbuah dan Pemanfaatan
Jeruk kumkuat menyukai musim panas bersuhu tinggi (26.67º-37.78ºC), tetapi dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC. Meskipun demikian, jeruk kumkuat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis di daerah dengan suhu lebih tinggi. Buah jeruk komkuat kultivar tertentu dimanfaatkan sebagai buah segar, setelah diremas-remas terlebih dahulu, atau diolah. Pohon jeruk kumkuat ditanam terutama sebagai tanaman hias.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal jeruk kumkuat adalah Tiongkok, tetapi saat ini kultivar-kultivar jeruk kumkuat dan silangannya telah tersebar ke seluruh dunia.

Catatan Khusus
Nama ilmiah jeruk kumkuat adalah Citrus japonica, tetapi pusat asalnya bukan Jepang, melainkan Tiongkok.

You Might Also Like

0 comments

stats

Flickr Images