Hama Jeruk: Kepik Kaki-Daun

January 08, 2019
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Kepik kaki-daun merupakan kepik yang mempunyai banyak jenis tanaman inang, mencakup tanaman dan tumbuhan liar. Di antara jenis-jenis kepik kaki-daun, terdapat jenis-jenis yang tanaman inangnya mencakup jenis-jenis jeruk. Di antara kepik kaki-daun yang tanaman inangnya mencakup jenis-jenis jeruk, terdapat jenis yang terdapat di Indonesia, yaitu kepik kaki-daun jeruk-sukade dan kepik kaki-daun kaki-daun tumbuhan, yang menurut GBIF Data Portal merupakan sinonim (kepik yang sama dengan nama berbeda). Tulisan ini menguraikan jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak tanaman jeruk, termasuk jenis yang tidak terdapat di Indonesia.

Nama Umum
Nama umum kepik kaki-daun dalam Bahasa Indonesia digunakan untuk merujuk kepada nama umum leaf-footed bug dalam Bahasa Inggris yang untuk jenis-jenis yang merusak jeruk meliputi kepik kaki-daun jeruk-sukade, kepik kaki-daun, kepik kaki-daun tumbuhan, dan kepik berkaki daun barat masing-masing mempunyai nama umum Bahasa Inggris berturut-turut leaf-footed citron bug, leaf-footed bug, leaf-footed plant bug, dan western leaf-footed bug.

Nama Ilmiah Valid dan Klasifikasi
Kepik kaki-daun (leaf-footed bug) termasuk dalam genus Leptoglossus, yang merusak jeruk mencakup kepik kaki-daun jeruk-sukade Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775), kepik kaki-daun Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767), kepik kaki-daun tumbuhan Leptoglossus australis (Fabricius, 1775), dan kepik kaki-daun barat, Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852). Klasifikasi kepik kaki daun adalah kerajaan: Animalia, filum: Arthropoda, sub-filum: Hexapoda, kelas: Insecta, ordo: Hemiptera, sub-ordo: Heteroptera, famili: Coreidae, dan genus: Leptoglossus.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) adalah L. antica (Herrich-Schäffer, 1836), L. australis (Fabricius, 1775), L. bidentatus (Montrouzier, 1855), L. flavopunctatus (Signoret, 1863), L. gonager Mayr, 1866, L. grallator(Herbst, 1784), L. membranaceus (Fabricius, 1781), L. momordicae (Forster, 1844), L. orientalis (Dallas, 1852), L.praecipua (Walker, 1871), dan L. sumbawensis Blöte, 1936. Nama ilmiah sinonim Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767) adalah L. albicinctus (Say, 1832), L. confusa (Dallas, 1852), dan L. fraterna (Westwood, 1842). Menurut GBIF Data Portal, Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) adalah nama ilmiah sinonim untuk Leptoglossus australis (Fabricius, 1775). Nama ilmiah sinonim Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852) adalah L. angustifolium (Mayr, 1866) dan L. vexillatus (Stål, 1855).

Deskripsi Ringkas
Kepik kaki-daun dewasa berwarna cokelat gelap sampai hitam, panjang 20 mm, sayap datar dan lurus ke belakang pada saat menutup, antena terdiri atas 4 ruas, mempunyai alat pencucuk-penghisap (rostrum) yang terdiri atas 4 ruas, jantan mempunyai ruas kaki membesar dan memipih, betis (tibia) kaki belakang melebas menyerupai daun, sayap depan sepert kulit, mempunyai pola seperti garis lurus, garis zig-zag, atau rangkaian bercak putih atau kuning pucat. L. gonagra mempunyai dada (thorax) dengan tepi berwarna kuning dan garis longitudinal kuning pada permukaan bawah perut (abdomen). L. phyllopus mempunyai sayap depan dengan garis putih lurus di permukaan sayap depan ketika menutup, permukaan atas perut mempunyai variasi warna oranye ketika sayap terbuka. L. australis mempunyai garis melengkungoranye kemerahan atau kuning pada bagian depan pronotum, tubuh memanjang, kepala lebih pendek dan lebih sempit daripada pronotum. L. zonatus mempunyai bercak besar kuning pucat pada bagian atas dari dua ruas tengah pronotum, tubuh lebar, terdapat pola zig-zag pada permukaan sayap depan ketika sayap menutup. Nimfa terdiri atas 5 instar, bentuk seperti dewasa, tetapi tanpa kaki daun. Nimfa L. gonagra berwarna merah menyala dengan kaki hitam pada instar pertama sampai ketiga, cokelat kotor pada instar keempat dan kelima. Nimfa L. phyllopus berwarna kemerahan dengan kaki hitam untuk seluruh instar. Nimfa L. australis berwarna kemerahan pada instar awal, kaki daun berkembang mulai pada instar ketiga, instar keempat mempunyai bercak kuning dan hitam, dan instar kelima cokelat gelap atau hitam. Nimfa L. zonatus berarna merah dengan kaki hitam untuk semua instar. Telur berbentuk agak silindris. Telur L. gonagra berukuran panjang 1,4 mm, mula-mulai hijau cerah, kemudian menjadi cokelat. Telur L. phyllopus mempunyai panjang 1,8 mm, berwarna cokelat keemasan. Telur L. australis mempunyai panjang 1,8 mm, berwarna cokelat pucat. Telur L. zonatus mempunyai panjang 1,47 mm, mula-mula berwarna hijau cerah, kemudian menjadi cokelat.

Kepik kaki-daun, atas dan bawah, A: Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) sin. Leptoglossus australis (Fabricius, 1775), B: Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767), dan C: Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852). Sumber: A-C: BugGuide Leptoglossus, silahkan klik nama spesies untuk memperoleh lebih banyak foto. 
Kemiripan dengan Hama Lain
Keempat jenis kepik kaki-daun yang telah diuraikan mirip dengan jenis-jenis kepik kaki-daun lainnya.

Deteksi dan Identifikasi


Biologi dan Daur Hidup
Telur diletakkan dalam baris lajur tunggal pada daun dan pucuk, menetas dalam 5-7 hari. Nimfa berkembang melalui 5 instar dalam 25-30 hari. Kepik kaki-daun mempunyai perilaku berkelompok dalam jumlah besar, satu tanaman dapat dipenuhi oleh kepik, sementara tanaman tetangganya tanpa kepik. Kepik dewasa mempunyai glandula bau sehingga bila terganggu mengeluarkan bau tajam tidak sedap. Nimfa instar awal lebih menyukai inang tumbuhan liar, hanya kepik dewasa yang menyerang buah jeruk.

Kisaran Tumbuhan Inang
L. gonagra menyukai jeruk sukade, jeruk cina, dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah paria Momordica charantia, jambu biji brazilia Psidium guineense, jambu biji Psidium guajava, markisa Passiflora edulis, delima Punica granatum, dan labu kuning Cucurbita maxima.

L. phyllopus menyukai jeruk cina dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah sowthistle Sonchus oleraceus, apel Malus domestica, beggarweed Desmodium tortuosum, crepe myrtle Lagerstroemia indica, Crotalaria spp., elderberry Sambucus canadensis, Gladiolus spp., goldenrod Solidago virgaurea, Hibiscus spp., Ixora spp., jimsonweed Datura stramonium, Ligustrum spp., oat Avena sativa, pir Pyrrus spp., pecan Carya illinoiensis, persimmon Diospyros spp., delima Punica granatum (disukai), thistle Cirsium spp., dan semangka Citrullus lanatus.

L. australis menyukai semua jenis jeruk dan hibridanya. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah paria Momordica charantia, kopi arabika Coffea arabica, jambu mente Anacardium occidentale, labu Cucurbita spp., granadilla Adenia hondala, kelapa sawit Elaeis guineensis, markisa Passiflora edulis, kacang tanah Arachis hypogaea, padi Oryza sativa, paria ular Trichosanthes cucumerina, ubi jalar Ipomoea batatas, Theobroma bicolor, dan uwi Dioscorea alata

L. zonatus menyukai jeruk gedang, jeruk nipis, dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah apokat Persea americana, kacang buncis Phaseolus vulgaris, cabai Capsicum annuum, blackberry Rubus spp., blueberry Vaccinium spp., chinese tallow Tibulus terrestris, jagung Zea mays, kapas Gossypium hirsutum, kacang tunggak Vigna unguiculata, terung Solanum melongena, lokuat Eriobotrya japonica, leci Litchi chinensis, melon Cucumis spp., okra Abelmoschus esculentus, persik Prunus persica, plum Prunus spp., delima Punica granatum, cantel Sorghum spp., spiny thistle Cirsium horridulum, labu Cucurbita spp., bunga matahari Helianthus annuus, dan tomat Solanum esculentum (disukai)

Gejala Kerusakan
Serangan pada pucuk dan daun muda menyebabkan bagian di sekitar lubang cucuk mengalami perubahan warna dan mengering. Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur atau mengalami perubahan bentuk. Serangan pada buah tua menyebabkan kulit buah berbercak dan daging buah mengering.

Kerusakan yang ditimbulkan pada buah jeruk oleh kepik kaki-daun Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767). Sumber: UF/AFIS.
Penyebaran dan Distribusi Geografis
Kepik kaki-daun menyebar secara aktif dalam jarak dekat dengan cara merayap dan terbang dan secara pasif dalam jarak jauh dengan perantaraan bibit dan buah.

L. gonagra menyebar secara global ke kepulauan Cape Verde Islands, karibia, Amerika Tengah, Indonesia, Malaysia, Mexico, pulau-pulau di Pasifik, Papau Nugini, and Amerika Selatan. L. phyllopus menyebar secara global di bagian Selatan Amerika Serikat, Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. menyebar secara global terbatas pada pusat asal, tidak terdapat di Indonesia. L. australis menyebar secara global di kawasan tropis of Afrika, India, Australia, Asia Tenggara termasuk Indonesia, Jepang, Filipina, Taiwan, dan pulau-pulau di Pasifik Selatan. L. zonatus menyebar secara global di bagian barat daya Amerika Serikat, Amerika Tengah, dan bagian Utara Amerika Selatan, tidak terdapat di Indonesia. EPPO Global Database menyediakan peta distribusi global L. australis.

Rekomendasi Pengendalian
Pengendalian kepik kaki-daun dilakukan secara budidaya dan secara kimiawi. Pengendalian secara budidaya dilakukan dengan tidak menanam tanaman inang lain bersama dengan jeruk, menanam tanaman inang yang paling disukai sebagai tanaman perangkap, dan melakukan pergiliran tanaman bila di lokasi pertanaman jeruk ditanam tanaman lain. Pengendalian secara kimiawi dilakukan dengan menggunakan insektisida sebagaimana yang direkomendasikan dalam Florida Citrus Management Guide untuk pengendalian jenis-jenis kepik dan serangga hama lainnya.

Catatan Penting
Di antara jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk, kepik kaki-daun jeruk-sukade perlu mendapat perhatian di Indonesia.

You Might Also Like

0 comments

stats

Flickr Images