Jenis Jeruk: Jenis-jenis Jeruk Batang Bawah

January 15, 2019
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Jeruk dibudidayakan pada umumnya tidak secara generatif dengan menggunakan biji, melainkan secara vegetatif, terutama dengan cara okulasi. Untuk melakukan okulasi diperlukan jenis-jenis jeruk dengan persyaratan tertentu, khususnya untuk memungkinkan jeruk dapat tumbuh pada kondisi iklim dan tanah yang lebih luas dan dan tahan terhadap hama dan penyakit. Terdapat sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah yang masing-masing perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam kaitan dengan kondisi tanah dan iklim setempat serta jenis hama dan penyakit yang dihadapi.

Nama Umum
Nama umum jenis-jenis jeruk yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah sebagai berikut:

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah untuk jenis-jenis jeruk batang bawah adalah sebagai berikut:
  • Jeruk trifoliat (Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009).)
  • Jeruk masam (Citrus x aurantium L. 'Sour Orange Group' sensu Mabberley.)
  • Jeruk cina 'Cleopatra' (Citrus reticulata Blanco (sensu Mabberley 2004))
  • Jeruk purut 'Alemow' (Citrus hystrix DC. (sensu Bayer et al. 2009))
  • Jeruk sitrun 'RL' (Rough Lemon) (Citrus x jambhiri Lush, pro sp. (sensu Mabberley 1997))
  • Jeruk sitrun 'Volkamer' (silangan jeruk sukade dan jeruk masam)
  • Jeruk nipis 'Rangpur' (Citrus x limon (L.) Osbeck, pro sp. (sec. Mabberley 2004 [expressing uncertainty]))
  • Jeruk nipis 'Palestina' (Palestine sweet lime, Indian sweet lime) (silangan jeruk sukade dan jeruk masam)
  • Jeruk cina 'Sunki' (Citrus reticulata Blanco (sensu Swingle and Reece 1967, Mabberley 1997, 2004))
Nama Ilmiah Sinonim
Nama sinonim untuk jernis-jenis jeruk batang bawah tersebut dapat diperoleh dengan mengklik nama umum bagi jenis masing-masing.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas jenis-jenis jeruk batang bawah  tersebut dapat diperoleh dengan mengklik nama umum bagi jenis masing-masing.

Kultivar dan Silangan
Kultivar jeruk trifoliat yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah 'Rubidoux' dan 'Flying Dragon'. Kultivar jeruk nipis Rangpus yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah Limeira, Tatuatiringa, Santa Barbara, dan Citrolima. Jenis-jenis jeruk silangan dan kultivarnya yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah:
  • Citrange (Citrus x aurantium L., pro sp. [Sweet Orange Group] X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009)), terdiri atas kultivar  'Benton', 'Carrizo', 'C-35', 'Morton', 'Rusk', 'Spaneet', 'Troyer', 'Troyer × Rangpur', 'Willits'
  • Citrangedin, kultivar 'Glen'
  • Citrandarin
  • Citradia (Citrus x aurantium L., pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009))
  • Citremon (Citrus x limon (L.) Osbeck, pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009))
  • Citrumelo (silangan jeruk jeruk gedang dengan jeruk trifoliata), terdiri atas kultivar 'Sacaton' dan 'Swingle'
  • Citrangequat (Citrus x georgiana Mabb. [=Citrus x insitorum Mabb. X Citrus japonica Thunb.] (sensu Mabberley 2004))
Pemanfaatan sebagai Batang Bawah
Suatu jenis jeruk batang bawah sesuai digunakan untuk batang bawah jenis-jenis jeruk tertentu. Kesesuaian jenis-jenis jeruk batang bawah berikut kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
  • Jeruk trifoliat: sesuai sebagai batang bawah untuk jeruk manis, jeruk gedang, sebagian besar kultivar jeruk cina, dan jeruk sitrun, kecuali jeruk sitrun 'Eureka'. Kelebihan: tahan busuk pangkal batang phytophthora, tahan nematoda, tahan tristeza, tahan dingin, tahan genangan, kualitas buah baik, dan tajuk kompak; kelemahan tidak tahan pH tanah tinggi dan pH tanah rendah, peka salinitas, peka tanah berkapur, tidak tahan kekeringan, rentan exocortis, dan pertumbuhan anakan lambat.
  • Jeruk masam: merupakan jenis jeruk batang bawah yang pertama digunakan, sesuai sebagai batang bawah untuk semua jenis jeruk. Kelebihan: toleran terhadap busuk pangkal batang phytophtora, toleran terhadap genangan, toleran terhadap dingin, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap garam, ukuran buah medium, kandungan gula buah tinggi, dan kekuatan pohon sedang; kelemahan: rentan nematoda dan rentan tristeza. 
  • Jeruk cina 'Cleopatra': jenis batang bawah untuk tanah di dataran lembah. Kelebihan: sesuai untuk tanah dangkal, toleran terhadap alkalinitas, dan toleran terhadap salinitas; kelemahan: rentan terhadap busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap nematoda, peka genangan, ukuran pohon besar, dan ukuran buah kecil.
  • Jeruk purut 'Alemow':  Digunakan sebagai batang bawah jeruk sitrun di California. Keuntungan: tahan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, toleran terhadap genangan, toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap penyakit exocortis, hasil tinggi, ukuran buah besar, pohon kokoh, toleran basa, toleran salinitas. Kekurangan: tidak tahan dingin, rentan tristeza, dan rentan nematoda.
  • Jeruk sitrun 'RL' (Rough Lemon): Digunakan sebagai batang bawah untuk berbagai jenis jeruk. Kelebihan: pertumbuhan cepat, menghasilkan pohon berukuran besar, produksi tinggi, buah masak awal, tahan kekeringan, toleran terhadap exocortis, toleran terhadap tristeza; kelemahan: peka terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, kualitas buah kurang baik, kulit buah tebal, peka terhadap genangan, ukuran pohon besar.
  • Jeruk sitrun 'Volkamer': Digunakan sebagai batang bawah untuk berbagai jenis jeruk. Kelebihan: toleran terhadap genangan, toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap exocortis, toleran terhadap salinitas, toleran terhadap basa, pohon kokoh, dan produktivitas tinggi; kelemahan: rentan penyakit busuk pangkal batang phytophthora, kurang toleran terhadap penyakit hawar, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap dingin, pohon berukuran besar, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk nipis 'Rangpur': digunakan sebagai batang bawah paling banyak di Brazil, kelebihan: toleran terhadap kekeringan, agak toleran terhadap dingin, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap tristeza, sangat toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan ukuran buah besar; kelemahan: rentan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap exocortis, rentan terhadap xyloporosis, rentan terhadap sudden death, rentan terhadap nematoda, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk nipis 'Palestina' (Palestine sweet lime, Indian sweet lime): Digunakan sebagai batang bawah di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya, kelebihan: toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap genangan, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan buah berukuran besar; kelemahan: rentan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap exocortis, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap penyakit hawar, kurang toleran terhadap dingin, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk cina 'Sunki': Digunakan sebagai batang buah di Tiongkok dan Taiwan, kelebihan: toleran terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap dingin, toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan kandungan gula buah tinggi; kelemahan: rentan terhadap exocortis, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap genangan, dan ukuran buah kecil.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal dan sebaran geografis jenis-jenis jeruk batang bawah dapat diperoleh pada uraian mengenai jenis-jenis jeruk masing-masing.

Catatan Khusus
Pengetahuan mengenai jenis-jenis jeruk batang bawah sangat penting dalam kaitan dengan pemilihan jenis-jenis batang bawah yang sesuai untuk menghadapi jenis penyakit tertentu di suatu wilayah.

You Might Also Like

0 comments

stats

Flickr Images