Jenis Jeruk: Jeruk Sukade

January 07, 2019
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Jeruk sukade merupakan jenis jeruk yang kurang dikenal di Indonesia, lebih-lebih di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun jeruk ini penting karena, sebagaimana halnya jeruk cina dan jeruk bali, merupakan jenis jeruk yang menurunkan jenis-jenis jeruk lain. jeruk sukade juga merupakan jenis jeruk yang mungkin dikenal paling awal oleh orang Eropa, dibandingkan dengan jenis-jenis jeruk lainnya, karena pusat asalnya diperkirakan berada di India bagian Utara, selain pusat asal di Asia Tenggara. Dari segi pemanfaatan, jeruk sukade unik karena yang dimanfaatkan jutru kulit buahnya, bukan daging buahnya, sebagaimana umumnya jenis-jenis jeruk lainnya. Jeruk ini juga mempunyai nilai ritual keagamaan, yaitu Etrog bagi umat Yahudi dan Buddha's Finger bagi umat Buddha.

Nama Umum dan Nama Lokal
Jeruk sukade digunakan di sini untuk merujuk kepada jernis jeruk yang dalam Bahasa Inggris disebut citrons. Bila Anda mengetahui nama umum lain dalam Bahasa Indonesia, silahkan menyampaikan melalui komentar.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk sukade adalah Citrus medica L. Silahkan periksa daftar kultivar jeruk sukade sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena setiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim menurut Citrus ID dan juga pada GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas berikut ini didasarkan pada deskripsi Citrons dalam Citrus ID. Tajuk padat dan rapat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut; permukaan ranting tahun kedua dan ketiga berbintik; duri kayu lurus; duri tempel ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak berambut, pendek, sayap tangkai daun tidak ada. Helai daun tunggal, tepi daun bergelombang, bergigi, atau bergigi gergaji. Helai daun dalam naungan datar atau agak menekuk, helai daun terpapar sinar matahari agak atau sangat menekuk. Daun yang diremas berbau khas bau jeruk sukade. Buah bundar atau bundar memanjang, warna permukaan kulit buah kuning kehijauan (6), kuning (7-10), atau oranye (12), tekstur permukaan kulit buah halus (1-3), sedikit kasar (4-5), atau agak kasar (6-7), buah kenyal, ujung buah tidak berpusar, daging buah kuning, rasa daging buah masam.

Deskripsi lengkap dapat diperoleh dari:
eFlora of IndiaEncyclopedia of LifeFlora of China, Fruits of Warm Climate, Useful Tropical Plants,
Perbedaan:
Perbedaan jeruk sukade dengan jeruk nipis

Kultivar
Dua kultivar yang dideskripsikan pada situs Citrus ID adalah Etrog dan Buddha's Hand. Kultivar jeruk sukade yang diuraikan dalam situs Citrus Page adalah Bajoura, Balady (Halperin Chazon Ish, dan Lefkowtz Chazon Ish), Brain, Baverman, Buddha's Hand, Cedruna, Corsican, Diamante, Etrog, Italian, Mexican, Moroccan, Odorata, Sicilian, Yemen, dan Yunnan.

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk sukade sangat peka terhadap suhu rendah, mengalami dormansi musim dingin tidak secepat dengan jenis-jenis jeruk lainnya. Daun dan buah mudah mengalami rusak oleh panas dan kekeringan, cocok tumbuh di wilayah yang tidak mengalami suhu ekstrem. Jeruk sukade dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, asalkan berdrainase baik. Pemanfaatan jenis-jenis jeruk lainnya, bagian dari jeruk sukade yang paling bermanfaat adalah kulit buahnya sebagai bahan makanan dan bahan berbagai kebutuhan lainnya. Daging buahnya justru kurang dimanfaatkan.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Pusat asal jeruk sukade diduga adalah India bagian Utama, tetapi telah dibudidayakan di kawasan Mesopotamia, tempat di mana jeruk sukade telah dibudidayakan sejak 4000 SM. Dari kawasan ini jeruk sukade kemudian menyebar ke Eropa dan berbagai belahan dunia lainnya. Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh GBIF Data Portal dan Encyclopedia of Life. Sebaran geografik jeruk sukade di wilayah Provinsi NTT belum diketahui. Bila Anda mengetahui lokasi di Provinsi NTT di mana terdapat jeruk sukade, mohon menyampaikan melalui kotak komentar di bawah ini dengan menyebutkan nama desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di mana jeruk sukade dapat ditemukan. Bila memungkinkan mohon mengirimkan foto melalui email atau Facebook.



Catatan Khusus
Dahulu, jeruk limun dan jeruk nipis diklasifikasikan sebagai jeruk sukade; jeruk limun sebagai Citrus medica var. limonum; jeruk nipis asam sebagai Citrus medica var. asida dan jeruk nipis manis sebagai Citrus medica var. limetta.

Dipublikasikan pertama kali pada 7 Juli 2015


Revisi termutakhir dipublikasikan pada 6 Oktober 2016

You Might Also Like

0 comments

stats

Flickr Images