Jenis Jeruk: Jeruk Trifoliat

January 17, 2019
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Jeruk pada umumnya berhelai daun tunggal. Semua jenis jeruk yang telah diuraikan sebelumnya merupakan jenis-jenis berdaun tunggal. Namun jeruk tidak semuanya berdaun tunggal, sepanjang yang dimaksud adalah jenis-jenis tumbuhan dalam genus Citrus. Di antara berbagai jenis yang umumnya berhelai daun tunggal, terdapat jenis jeruk berhelai daun tiga yang dalam bahasa botani lazim disebut trifoliat. Jenis jeruk ini mungkin tidak populer di Indonesia karena kisaran tumbuhnya di kawasan beriklim sedang dan dingin, tetapi bukan tidak mungkin telah ditanam sebagai tanaman koleksi oleh kalangan tertentu di dataran tinggi. Jenis jeruk ini memang bukan jenis penghasil buah komersial, tetapi penting untuk tujuan lain, antara lain sebagai batang bawah untuk mengembangkan jeruk ke dataran lebih tinggi.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk trifoliat digunakan untuk merujuk kepada jenis-jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris disebut trifoliat oranges dan trifoliate orange hybrids atau chinese bitter-orange, japanese bitter-orange, atau hardy orange.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jenis jeruk trifoliat adalah Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009). Sebelumnya Swingle memberi nama jeruk ini Poncirus trifoliata (L.) Raf (sensu Swingle and Reece 1967; sensu Tanaka sec. Cottin 2002), tetapi Mabberley menggabungkannya ke dalam genus Citrus dan menamakannya Citrus trifoliata.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah sinonim untuk jeruk trifoliat adalah Poncirus trifoliata (L.) Raf (sensu Swingle and Reece 1967; sensu Tanaka sec. Cottin 2002).

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas berikut ini didasarkan pada deskripsi Trifoliate Orange pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan ketiga bergaris;duri kayu tidak ada, tidak bertahan, lurus atau melengkung; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak berambut halus, ukuran sedang, panjang, atau sangat panjang, sayap tangkai daun sempit atau medium, menyentuh helai daun. Helai daun tiga, tepi helai daun bergigi tumpul atau bergigi mata gerhaji kasar atau halus, tangkai anak tulang daun tidak bersayap, helai daun dalam naungan datar atau agak menekuk ke atas sepanjang tulang daun utama, helai daun terpapar matahari datar, agak atau sangat menekuk ke atas sepanjang tulang daun utama. Helai daun diremas tidak berbau. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna kulit buah kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), atau oranye kemerahan (13); tekstur permukaan kulit buah cukup kasar (4-5), cukup kasar (6-7), atau kasar (18), buah kenyal, warna daging buah hijau/kehijauan, oranye atau kuning, rasa daging buah masam.

Deskripsi umum dapat diperoleh dari:
eFlora of India, Encyclopedia of Life, Flora of China, Fruits of Warm Climate

Kultivar dan Silangan
Kultivar jeruk trifoliat menurut Citrus ID adalah Flying Dragon, Pomeroy, Rich, dan Rubidoux. Kultivar yang sama juga diberikan oleh Citrus Page, tetapi CVC-UCR memberikan daftar kultivar lebih lengkap.

Jeruk trifoliat dapat kawin silang dengan berbagai jenis jeruk lain menghasilkan silangan yang kompleks:

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang paling tahan suhu rendah sehingga digunakan sebagai batang bawah untuk budidaya jeruk jenis lainnya di kawasan bersuhu rendah. Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Jeruk trifoliat diduga berasal dari Tiongkok bagian Utara, Korea, dan Jepang, kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia beriklim sub-tropis dan sedang. Peta sebaran geografis jeruk trifoliata diberikan oleh Encyclodia of Life dan GBIF Data Portal.

Catatan Khusus
Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang unik karena satu-satunya jenis jeruk berhelai daun tiga dan kemampuannya untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk lain.


You Might Also Like

0 comments

stats

Flickr Images